Hubungan

Cara Bangkit Dari Patah Hati Kronis

Beberapa hubungan tidak ditakdirkan untuk selamanya. Ada yang berakhir dengan kelapangan dada. Namun banyak yang meninggalkan luka. Beberapa hubungan meninggalkan depresi serta kekecewaan mendalam yang tidak bisa dianggap sepele.

Tidak semua orang hanya bersenang-senang untuk pacaran dan ketika putus bisa move on begitu saja. Beberapa orang putus dengan masalah yang mendalam yang perlu ditanggapi dengan serius. Patah hati kronis bisa membuat orang depresi dan kehilangan tujuan. Karena setiap hubungan pastinya diharapkan dapat terwujud di masa depan. Ketika seseorang kehilangan tujuan tersebut, mereka bisa terpuruk dalam keputusasaan.

Jangan mau dikalahkan oleh kegagalan dalam kehidupan asmara. Berikut beberapa cara untuk bangkit dari patah hati  kronis.

Menceritakan perasaan pada orang yang dipercaya.

Menceritakan perasaan pada orang yang dipercaya.

Jangan umbar perasaan di social media atau curhat ke sembarang orang. Hal ini hanya akan membuat pikiranmu semakin ramai dengan pendapat orang. Selain itu, kamu jadi nampak menyedihkan bagi sang mantan dan kehilangan harga diri. Biasakan untuk menjaga permasalahan pribadi dan menceritakannya pada orang yang bisa kamu percaya saja.

Misalnya curhat dengan orang tua atau sahabat karibmu. Orang yang dekat dan menyayangi tidak akan menjudge kamu dan bisa memberikan penilain karena mengetahui dirimu secara keseluruhan. Dan mereka juga bisa menjadi pendengar yang baik. Karena sebetulnya pada fase ini kamu hanya ingin didengar. Karena memendam perasaan sendiri terlalu menyakitkan.

Beri waktu pada diri sendiri untuk bersedih.

Beri waktu pada diri sendiri untuk bersedih.

Tak perlu berusaha tegar jika kamu baru saja putus dan patah hati. Beri waktu pada dirimu sendiri untuk bersedih. Cobalah untuk menyendiri dan kamu boleh menangis sepuasmu. Batasi interaksi sosial dan menenangkan diri dengan introspeksi diri. Berusahalah berdamai dengan dirimu  dengan menghabiskan waktu sendirian untuk beberapa saat.

Coba lakukan hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan sendiri. Seperti lari pagi, membaca buku, atau hobi pribadimu. Berdoa juga bisa membuat kamu merasa lebih tenang ketika sedang sendirian.

Menyibukan diri dengan rutinitas sehari-hari.

Menyibukan diri dengan rutinitas sehari-hari.

Jangan terlalu lama terpuruk dalam kesedihan karena kehidupan masih terus berlangsung. Meski berat, mulailah menyibukan diri dengan rutinitas sehari-hari. Tetap makan teratur dan tidur yang teratur agar tidak sakit. Dengan membuat dirimu menghadapi rutinitas, mau tak mau kamu juga jadi tidak punya waktu untuk melamun dan memikirkan patah hatimu.

Dukungan teman dalam mendampingi hari-harimu juga penting. Secara berangsur, kamu kan mulai merasa biasa saja dan tidak terlalu terjerumus dalam depresi.

Hapus semua kenangan tentang dia.

Hapus semua kenangan tentang dia.

Jika patah hatimu termasuk kronis, menghapus semua hal yang bisa memicu kumatnya perasaan sedih harus diminimalisir. Membuang semua barang pemberian mantan bukanlah hal berlebihan dalam kasus ini. Jika kamu tidak ingin membuangnya, mungkin kamu bisa berikan pada orang lain.

Jika kamu belum siap dan merasa sayang dengan barang-barang tersebut, kamu bisa memulai dengan membereskan semuanya dan masukan dalam kotak. Hal ini juga cukup ampuh untuk membuat kamu melupakan sang mantan dan yang terpenting, rasa sakit hati.

Jangan stalking social media mantan.

Jangan stalking social media mantan.

Jangan stalking social media, kalau perlu unfollow. Beberapa orang menganggap hal ini kekanak-kanakan, namun kamu berhak melakukan apapun untuk membuat dirimu sembuh dari rasa sakit hati.

Batasi juga chatting jika si dia masih suka menghubungi kamu. Karena perkembangan jaman sekarang membuat orang semakin susah move on. Sekalipun kalian tidak bertemu, selalu ada akses untuk tetap mengetahui kegiatan masing-masing. Kamu juga tidak perlu bertingkah bahagia dan membuat si dia berpikir bahwa kamu bahagia. Karena itu artinya kamu masih memikirkan perasaan dia.

So, putusin juga hubungan social media kalian.

Habiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Habiskan waktu bersama keluarga dan teman.

Daripada sibuk stalking dan mikiran mantan, mendingan kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang yang masih memikirkan kamu. Luangkan waktu lebih banyak dengan keluarga, karena keluarga merupakan orang terdekat yang selalu bersama kamu.

Kamu juga menghabiskan waktu bersama teman-teman kamu. Terutama sahabat yang juga mengetahui masalahmu. Jika kamu terbuka, mereka pasti juga akan berusaha membuat kamu bahagia. Hangout seru sambil nonton atau sekedar pergi ke cafe untuk nongkrong bisa menjadi pilihan.

Jadikan kenangan pahit sebagai pelajaran hidup.

Jadikan kenangan pahit sebagai pelajaran hidup.

Hanya kamu yang tahu apa yang telah terjadi pada hubunganmu yang kadas, maupun cinta yang bertepuk sebelah tangan. Intropeksi dan berpikir jernihlah apa yang menjadi permasalah dari kegagalan tersebut. Hal tersebut boleh kamu ingat sampai kapan pun namun tidak sebagai luka, melainkan pelajaran.

Gagal dalam percintaan sudah menjadi hal biasa dalam kehidupan manusia. Terkadang kamu harus bertemu dengan beberapa orang sebelum menemukan yang terbaik. Kamu juga harus lebih selektif kedepannya agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Semua patah hati belum tentu salah si dia, mungkin kamu juga melakukan kesalahan. Tingkatkan kualitas diri agar kamu berhak memiliki pasangan terbaik.

Jauhi perasaan trauma, cinta sejati datang di waktu yang tepat.

Jauhi perasaan trauma, cinta sejati datang di waktu yang tepat.

Beberapa orang bisa berhenti sakit hati seiring berjalannya waktu. Namun tidak sedikit dari mereka memiliki dendam dan menjadi orang yang berbeda karena trauma. Move on bukanlah inti dari usaha ini, namun bagaimana kamu bisa sembuh tanpa trauma dan dendam. Jika kamu berubah menjadi orang yang skeptikal dengan cinta, itu namanya kamu telah dikalahkan oleh patah hati tersebut.

Kamu mungkin akan merasa menjadi orang lebih kuat, namun hal tersebut akan mempersulit hubunganmu kedepannya. Rasa sakit yang lalu datang dari orang yang berbeda, jangan sampai hal ini mempengaruhi kamu setiap kali memulai dengan orang yang berbeda.

Anggap saja dulu kamu jatuh cinta dengan orang yang salah dan yakini bahwa kedepannya kamu akan menemukan cinta tepat pada waktunya.