Bisnis

9 Contoh Usaha Kecil -Kecilan Yang Cocok Untuk Pedesaan Maupun Perkotaan

Untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari tentu kita perlu untuk bekerja. Kita mungkin bekerja sebagai karyawan ataupun membuka usaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan kita. Kita mungkin juga bisa bekerja sebagai karayawan sekaligus membuka usaha sendiri. usaha yang kita dirikan tidak perlu berupa usaha skala besar yang membutuhkan banyak modal. Kita bisa saja membuat usaha kecil – kecilan yang minim modal.

Berikut ini akan dibahas beberapa contoh usaha kecil – kecilan yang bisa anda coba di rumah. Dengan usaha kecil – kecilan anda bisa mendapat pemasukan tambah untuk kebutuhan hidup anda. Diantaranya adalah:

baca Juga : 5+ Peluang Usaha Di Desa

1. Kios Sembako

bisnis kecil-kecilan

Jika anda bertempat tinggal di pemukiman yang jauh dari pasar atau mini market, dengan membuka kios sembako di rumah akan sangat menguntungkan. Anda bisa menjual bahan – bahan pokok sehari – hari seperti beras, sabun, kecap dan lain sebagainya. Biasanya orang – orang tidak ingin repot – repot pergi ke pasar jika barang yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka usaha kecil – kecilan.

2. Counter Pulsa dan Loket Pembayaran

Contoh usaha kecil – kecilan berikutnya adalah counter pulsa dan loket pembayaran. Kebutuhan akan pulsa merupakan kebutuhan paling penting di zaman modern ini. Anda bisa membuka counter pulsa kecil – kecilan di rumah anda dengan modal tak lebih dari 2 juta. Anda bisa menyediakan pulsa elektrik, voucher, kartu perdana dan accessories yang berhubungan dengan Ponsel lainnya. Selain itu, saat ini kebutuhan akan pembayaran listrik online, belanja online ataupun lainnya sangat tinggi. Anda juga bisa sekaligus menyediakan loket pembayaran untuk segala merchant di counter anda.

baca Juga : 11 Bisnis Modal Kecil Yang Harus Di Coba

3. Kue kering dan camilan

Anda pasti juga termasuk penggemar camilan dan kue kering bukan? Jika iya, kenapa tidak memanfaatkan peluang untuk membuat dan menjual kue kering serta camilan? Bidang ini pasti memiliki banyak konsumen. Anda bisa membuat kue kering yang sederhana dan memasarkannya di rumah, menitipkannya di toko dan kantin atau bisa juga melalui media online. Anda harus selalu bisa membaca trend kue kering dan camilan apa saja yang sedang digemari agar produk anda selalu laku.

4. Catering Rumahan

Contoh usaha kecil – kecilan selanjutnya terbilang paling banyak ditekuni. Catering rumahan tidak pernah sepi konsumen. Bagi orang – orang yang mengadakan acara pesta, pengajian atau rapat perusahan, pasti lebih mudah untuk memesan makanan dari catering rumahan. Selain harganya yang lebih murah, rasa dan menu yang ditawarkan juga akan lebih ramah dengan lidah. Yang perlu anda perhatikan dalam usaha catering rumahan ini tentu saja adalah kualitas rasa, ketepatan waktu serta kebersihan dari makanan yang anda buat.

5. Usaha Sarapan

Di pagi hari, banyak diantara kita terutama para karyawan yang malas dan merasa tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sarapan. Di sisi lain, sarapan atau makan pagi adalah hal yang penting dilakukan untuk sebelum memulai aktivitas. Solusinya adalah dengan membeli sarapan.dengan peluan ini, anda bisa membuat usaha sarapan di rumah yang menawarkan menu – menu sederhana seperti nasi pecel, nasi rames, nasi kuning dan lain sebagainya. Dapat dipastikan usaha kecil – kecilan anda ini akan ramai pembeli. Tentu saja anda harus selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian dagangan anda. Dengan modal tak lebih dari lima ratus ribu rupiah, anda sudah bisa membuka usaha sarapan ini.

6. Usaha potong Rambut

Selanjutnya adalah contoh usaha kecil – kecilan yang mungkin hanya bisa dijalankan oleh orang – orang yang memiliki keahlian di bidang ini. Usaha Potong rambut memang sangat menjanjikan. Yang anda perlukan adalah tempat, listrik serta peralatan ppotong rambut yang lengkap seperti gunting dan alat cukur. Dengan tariff Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per orang, usaha ini sangat menjanjikan.

7. Usaha Foto Kopi dan alat Tulis Kantor (ATK)

Berikutnya adalah usaha yang tidak akan sepi peminat. Yaitu usaha foto kopi dan alat tulis kantor. Semua orang pasti butuh memfoto kopi sesuatu setiap harinya. Apalagi jika anda berada di kawasan perkantoran, kampus dan sekolah. Pasti banyak yang akan datang untuk menggunakan jasa anda. Anda juga bisa melengkapa layanan foto kopi anda dengan menjual alat tulis kantor berupa buku, alat tulis dan lain sebagainya. Usaha ini akan semakin ramai ketika musim kenaikan kelas atau menjelang masuk awal sekolah dan perkuliahan.

8. Pom Mini

Selanjutnya adalah usaha kecil – kecilan yang pasti akan laku meskipun di daerah terpencil atau di desa. Yaitu dengan mendirikan usaha pom mini. Pom mini merupakan alat penjual bahan bakar yang berbentuk dan berfungsi hampir sama dengan dengan alat pengisian bahan bakar yang ada di SPBU. Anda bisa menjualnya sedikit leih mahal dengan harga per liter di pom karena anda memang adalah pengecer bahan bakar. Yang anda perlukan adalah alat pengisian tersebut dan tentu saja tempat yang strategis.

9. Toko Bahan Kue dan Plastik

Semakin banyaknya usaha kue dan catering, juga membuka peluang usaha lainnya. Yaitu toko bahan kue dan plastic. Anda bisa meyediakan berbagai macam bahan untuk membuat kue seperti Ovalet, teput terigu, coklat, mentega dan lain sebagainya. Dan dilengkapi dengan barang – barang plastic seperti mika pembungkus kue, kardus nasi dan lain sebagainya usaha anda akan semakin ramai dan bukan tidak mungkin akan memiliki pelanggan tetap. Karena para pengusaha catering dan kue kering biasanya akan selalu memiliki pesanan yang harus diselesaikan.

Demikian adalah beberapa contoh usaha kecil – kecilan yang akan cocok untuk daerah desa maupun kota. Bagaimana apa anda tertarik untuk mencoba?